Daftar Perguruan Tinggi/Universitas di Purbalingga

Daftar Perguruan Tinggi/Universitas di Purbalingga

Daftar Perguruan Tinggi/Universitas di Purbalingga

Hello Sobat Lokabaca, kabar baik datang dari Purbalingga. Kabupaten di Jawa Tengah ini tak hanya di kenal dengan keindahan alamnya, namun juga memiliki beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan membahas Daftar Perguruan Tinggi/Universitas di Purbalingga. Yuk, simak informasinya!

UNPERBA

Daftar Perguruan Tinggi/Universitas di Purbalingga

UNPERBA, singkatan dari Universitas Perwira Purbalingga, adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang terletak di Jl. S. Parman No. 53 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia. Calon mahasiswa dapat memilih salah satu dari lima program studi yang tersedia, yaitu S-1 Agribisnis, S-1 Akuntansi, S-1 Informatika, S-1 Manajemen, dan S-1 Teknik Mesin. UNPERBA telah menyesuaikan kurikulum setiap program studinya dengan kebutuhan pasar kerja agar lulusannya memiliki kompetensi yang siap menghadapi tantangan di dunia kerja.

Pendirian Unperba di awali dengan diskusi antara Ketua Pembina Heny Roeslanto, S.E. dan Ketua Yayasan Perguruan Karya Bhakti Purbalingga Wisnu Bargowo,Bsc.Hk. dengan Dr.Ir. Teguh Djuharyanto,M.P., Dr. Eming Sudiana, M.Si, dan Dr. Soeprapto, M.S. pada Februari 2012 tentang potensi Yayasan Karya Bhakti Purbalingga mendirikan Perguruan Tinggi di Purbalingga karena banyak alumni SLTA dari Kabupaten Purbalingga melanjutkan pendidikan ke jenjang Pendidikan Tinggi di luar Kabupaten Purbalingga. Ide tersebut di bawa ke Rapat Dewan Pembina Yayasan Perguruan Karya Bhakti Purbalingga pada tanggal 15 Maret 2012 dengan agenda Penjajagan Pendirian Perguruan Tinggi di Purbalingga.

UNPERBA memiliki reputasi yang baik dalam dunia pendidikan. Selain itu, universitas ini memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar, seperti laboratorium, perpustakaan, dan ruang kelas yang nyaman.

Baca Juga:   SMP Terbaik di Purbalingga Menurut Akreditasi
alamat unperba
https://goo.gl/maps/gpBKSEkpcH5Wc1nq7

ITBMP

Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Purbalingga atau yang biasa disebut dengan ITBMP adalah perguruan tinggi swasta yang berada di alamat Jl. S. Parman No. 53 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia. ITBMP memiliki tiga program studi yang di antaranya adalah Aktuaria, Bisnis Digital, dan Perencanaan Wilayah dan Kota. Seluruh program studi di ITBMP disusun secara komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

Selain kurikulum yang di sesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja, ITBMP juga memiliki dosen yang berkualitas dan berpengalaman di bidangnya masing-masing. Dosen di ITBMP aktif terlibat dalam penelitian dan pengabdian masyarakat sehingga mahasiswa dapat memperoleh pembelajaran yang up-to-date dan relevan dengan kondisi saat ini.

Beasiswa di Perguruan Tinggi di Purbalingga

Selain itu, bagi calon mahasiswa yang membutuhkan bantuan finansial untuk dapat kuliah, dapat mencari informasi mengenai beasiswa yang tersedia di perguruan tinggi di Purbalingga. Berikut adalah beberapa beasiswa yang dapat di cari:

  • Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)
  • Beasiswa Bidikmisi
  • Beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar)
  • Beasiswa Bank Indonesia
  • Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

Setiap perguruan tinggi tentunya memiliki kriteria dan syarat yang berbeda-beda untuk mendapatkan beasiswa. Sebaiknya calon mahasiswa mencari informasi secara lengkap mengenai beasiswa yang di minati, termasuk syarat dan cara pendaftarannya.

Pilihan Karir Setelah Lulus dari Perguruan Tinggi di Purbalingga

Setelah lulus dari perguruan tinggi di Purbalingga, calon mahasiswa dapat mengejar karir di bidang yang di minati. Berikut adalah beberapa pilihan karir yang dapat di pilih:

  • Agribisnis: ahli pertanian, pengusaha agrobisnis, peneliti di bidang pertanian
  • Akuntansi: akuntan, auditor, analis keuangan
  • Informatika: programmer, developer, analis sistem, teknisi jaringan
  • Manajemen: manajer pemasaran, manajer sumber daya manusia, manajer keuangan
  • Teknik Mesin: insinyur mesin, teknisi perawatan mesin, desainer produk
  • Aktuaria: aktuaris, analis risiko, manajer risiko
  • Bisnis Digital: ahli digital marketing, pengembang aplikasi mobile, analis data
  • Perencanaan Wilayah dan Kota: perencana tata ruang, arsitek, konsultan perencanaan kota
Baca Juga:   7 Rekomendasi Tempat Wisata di Purbalingga, Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Pilihan karir tersebut tentunya tidak terbatas pada daftar di atas. Setiap bidang studi memiliki banyak peluang karir yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebaiknya calon mahasiswa mencari informasi secara lebih mendalam mengenai bidang studi yang di minati dan peluang karir di masa depan.

Kesimpulan

Oleh karena itu, bagi kamu yang tertarik melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, pilihan di Purbalingga bisa menjadi alternatif yang menarik. Dengan adanya perguruan tinggi yang berkualitas, diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Purbalingga dan sekitarnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu, sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *