5 Fakta Menarik Tentang Gerhana Matahari, Dijamin Bikin Kamu Terkagum-kagum

Fakta Menarik Tentang Gerhana Matahari

5 Fakta Menarik Tentang Gerhana Matahari, Dijamin Bikin Kamu Terkagum-kagum

Hello Sobat Lokabaca, siapa yang tidak terkagum-kagum dengan fenomena alam yang satu ini, yaitu gerhana matahari? Gerhana matahari adalah saat di mana Bulan berada di antara Matahari dan Bumi sehingga menyebabkan bayangan Bulan jatuh ke Bumi dan menutupi Matahari. Dalam artikel ini, kita akan membahas 5 fakta menarik tentang gerhana matahari yang pasti akan membuat kamu terkagum-kagum. Yuk, simak!

1. Gerhana Matahari Total Hanya Terjadi di Beberapa Tempat

Sobat Lokabaca, tahukah kamu bahwa gerhana matahari total hanya dapat terlihat di beberapa tempat di Bumi? Hal ini di sebabkan karena Bayangan Bulan yang menutupi Matahari memiliki lebar sekitar 160 kilometer, sehingga hanya beberapa wilayah yang dapat melihat gerhana matahari secara total. Namun, gerhana matahari sebagian dapat terlihat di wilayah yang lebih luas.

2. Gerhana Matahari Berbeda dengan Gerhana Bulan

Banyak orang masih bingung tentang perbedaan antara gerhana matahari dan gerhana bulan. Perbedaannya adalah, gerhana matahari terjadi saat Bayangan Bulan menutupi Matahari, sedangkan gerhana bulan terjadi saat Bumi berada di antara Matahari dan Bulan sehingga Bayangan Bumi menutupi Bulan. Selain itu, gerhana bulan lebih sering terjadi di bandingkan dengan gerhana matahari.

Baca Juga:   Jumlah Provinsi di Indonesia Saat Ini Tahun 2023

3. Gerhana Matahari Dapat Menyebabkan Suasana Gelap Gulita

Salah satu fenomena yang menarik saat gerhana matahari terjadi adalah suasana yang gelap gulita. Ketika Bayangan Bulan menutupi Matahari, maka wilayah di sekitar garis bayangan tersebut akan mengalami suasana yang seperti malam hari. Hal ini dapat membuat kamu merasa seakan-akan sedang berada di malam hari, bahkan jika gerhana matahari terjadi di siang hari.

4. Gerhana Matahari Sudah di Ketahui Sejak Ribuan Tahun yang Lalu

Gerhana matahari bukanlah fenomena alam yang baru di temukan, Sobat Lokabaca. Faktanya, gerhana matahari sudah di ketahui oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Beberapa peradaban kuno seperti peradaban Maya dan Cina bahkan telah membuat catatan mengenai gerhana matahari yang terjadi pada masa itu.

5. Gerhana Matahari Dapat Berpengaruh pada Cuaca

Selain menjadi fenomena alam yang menarik untuk ditonton, gerhana matahari ternyata juga dapat berpengaruh pada cuaca di Bumi. Hal ini di sebabkan karena radiasi Matahari yang tiba-tiba berkurang saat gerhana matahari terjadi dapat mempengaruhi suhu udara di wilayah yang terkena dampaknya.

Kesimpulan

Demikianlah 5 fakta menarik tentang gerhana matahari yang pasti akan membuat kamu terkagum-kagum. Perlu di ingat, Sobat Lokabaca, saat menonton gerhana matahari jangan lupa untuk menggunakan kacamata khusus yang aman untuk mata. Jangan pernah melihat Matahari secara langsung tanpa perlindungan, karena dapat merusak penglihatanmu secara permanen.

Jadi, apakah kamu sudah pernah menyaksikan gerhana matahari? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya, Sobat Lokabaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *