Makalah: Pengertian, Jenis, dan Tahapan Penulisannya

Makalah: Pengertian, Jenis, dan Tahapan Penulisannya

lokabaca.com – Makalah: Pengertian, Jenis, dan Tahapan Penulisannya

Sobat Lokabaca, membuat makalah mungkin tidak selalu menjadi tugas yang mudah. Namun, jangan khawatir, karena pada artikel ini, kita akan membahas secara rinci tentang apa itu makalah, berbagai jenis makalah yang ada, serta tahapan-tahapan yang perlu dilalui dalam menulis makalah. Dengan pemahaman yang mendalam, pembahasan yang komprehensif, dan panduan langkah demi langkah, kamu akan mampu menyelesaikan makalah dengan baik dan efektif.

Apa Itu Makalah?

Makalah adalah sebuah bentuk tulisan ilmiah yang memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi, gagasan, atau argumen yang di dukung oleh fakta dan data. Makalah biasanya memiliki format tertentu dan mengikuti kaidah ilmiah yang berlaku. Saat kamu di tugaskan untuk membuat makalah, itu berarti kamu di minta untuk menyusun sebuah karya tulis yang mendalam dan terstruktur tentang suatu topik.

Makalah bukan sekadar rangkuman informasi, tetapi juga merupakan wadah untuk mengekspresikan pemikiran, penelitian, atau analisis pribadi. Oleh karena itu, penting untuk memahami konsep-konsep dasar dalam menulis makalah.

Makalah adalah sebuah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan disertai analisis yang logis dan objektif. Makalah biasanya dibuat untuk memenuhi tugas sekolah, kuliah, atau penelitian.

Berikut adalah beberapa pengertian makalah menurut para ahli:

  • W.J.S. Poerwadarminta (1994) mengartikan makalah sebagai uraian tertulis yang membahas suatu masalah tertentu yang di kemukakan untuk mendapat pembahasan lebih lanjut.
  • Panuti Sudjiman (1982) mengartikan makalah sebagai karangan prosa yang bukan rekaan dan membahas tentang suatu topik tertentu.
  • Suharso dan Sutarso (2009) mengartikan makalah sebagai karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang di tulis secara sistematis dan disertai analisis yang logis dan objektif.
  • Badan Standarisasi Nasional (BSN) menulis bahwa sebuah karya tulis disebut makalah jika memenuhi beberapa syarat berikut:
    • Makalah merupakan pemikiran sendiri, belum pernah di publikasikan, mengandung unsur kekinian dan bersifat ilmiah.
Baca Juga:   Contoh Pesan dan Kesan yang Menarik Hati Pembaca

Ciri-Ciri Makalah

Berikut adalah ciri-ciri makalah:

  • Merupakan karya tulis yang memuat pemikiran. Makalah bukan sekadar laporan hasil penelitian, tetapi juga memuat pemikiran penulis tentang suatu masalah atau topik tertentu.
  • Bersifat sistematis. Makalah disusun secara sistematis dengan urutan yang logis dan runtut.
  • Bersifat objektif. Makalah di tulis berdasarkan fakta dan data yang valid, bukan berdasarkan pendapat atau opini penulis yang bersifat subyektif.
  • Bersifat ilmiah. Makalah di tulis dengan menggunakan metode ilmiah, seperti observasi, eksperimen, atau studi literatur.

Jenis-jenis Makalah

Makalah memiliki berbagai jenis, dan pemahaman tentang jenis-jenis ini akan membantu kamu dalam menentukan pendekatan yang tepat dalam penulisan. Berikut adalah beberapa jenis makalah yang sering di jumpai:

1. Makalah Seminar

Jenis makalah yang di sajikan dalam acara seminar atau konferensi ilmiah merupakan Makalah seminar. Makalah ini seringkali berfokus pada hasil penelitian terbaru, inovasi, atau perkembangan dalam bidang tertentu. Biasanya, para penulis makalah seminar adalah para peneliti atau akademisi yang ingin berbagi temuan mereka dengan dunia ilmiah.

Penting untuk mencatat bahwa makalah seminar harus memenuhi standar ilmiah yang ketat. Ini berarti bahwa data, metodologi penelitian, dan hasil harus di presentasikan secara jelas dan akurat. Selain itu, makalah seminar juga harus mengikuti pedoman penulisan yang di tetapkan oleh penyelenggara acara.

2. Makalah Tugas Akhir

Makalah tugas akhir adalah jenis makalah yang sering di temui di lingkungan pendidikan tinggi. Biasanya, mahasiswa yang sedang menjalani program sarjana atau program magister akan di minta untuk menulis makalah tugas akhir sebagai salah satu persyaratan kelulusan.

Makalah tugas akhir biasanya merupakan kombinasi antara teori dan praktik. Mahasiswa harus menggabungkan pemahaman teoritis tentang topik mereka dengan penelitian atau studi kasus yang mereka lakukan. Proses penulisan makalah tugas akhir melibatkan identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis, serta penyajian hasil dengan cara yang sistematis.

Baca Juga:   Soal PKK/Kewirausahaan Kelas 11/XI SMK Beserta Kunci Jawabannya

3. Makalah Esai

Makalah esai adalah jenis makalah yang memberikan lebih banyak kebebasan dalam penulisan. Esai biasanya bersifat lebih subjektif, dan penulis memiliki ruang untuk menyampaikan pandangan pribadi atau pemikiran kritis tentang suatu topik. Makalah esai seringkali menjadi sarana untuk mengemukakan argumen, merenungkan isu-isu sosial, atau berbagi pengalaman pribadi.

Ketika menulis makalah esai, penting untuk tetap menjaga struktur yang kohesif dan logis. Penyusunan argumen harus di dukung oleh bukti dan alasan yang kuat. Meskipun esai lebih fleksibel, itu tidak berarti kamu bisa mengabaikan kualitas penulisan dan penalaran.

4. Makalah Riset

Makalah riset adalah jenis makalah yang memerlukan penyelidikan yang mendalam terhadap suatu topik. Biasanya, makalah riset mencakup pengumpulan data, analisis statistik, dan penyajian temuan penelitian. Makalah ini sering menjadi sarana bagi peneliti untuk menyebarkan hasil penelitian mereka kepada komunitas ilmiah.

Proses penulisan makalah riset di mulai dengan perumusan pertanyaan penelitian yang jelas. Kemudian, peneliti akan merancang metodologi yang sesuai untuk mengumpulkan data. Setelah data terkumpul, analisis statistik dilakukan untuk mendukung atau membantah hipotesis. Hasil penelitian kemudian di sajikan dalam format yang sistematis dan ilmiah.

Tahapan Penulisan Makalah

Membuat makalah yang baik melibatkan serangkaian tahapan yang harus di ikuti. Berikut adalah tahapan-tahapan penting dalam penulisan makalah:

1. Pemilihan Topik

Langkah pertama dalam menulis makalah adalah memilih topik yang sesuai dengan bidang atau mata kuliah yang kamu pelajari. Pilihlah topik yang menarik dan relevan. Pastikan topik tersebut dapat memberikan kontribusi pada pemahaman tentang suatu isu atau fenomena.

2. Penelitian

Penelitian merupakan langkah kunci dalam penulisan makalah. Kamu perlu mengumpulkan informasi, data, dan referensi yang relevan dengan topik yang telah di pilih. Gunakan sumber-sumber yang dapat di percaya dan valid. Ini dapat melibatkan membaca buku, artikel jurnal, situs web akademis, atau wawancara dengan pakar di bidang tersebut.

Baca Juga:   Contoh Soal Essay/Isian Dan Uraian Bahasa Jawa Kelas 2 SD/MI Kurikulum Merdeka Beserta Jawabannya

3. Perencanaan

Setelah memiliki cukup data dan informasi, langkah selanjutnya adalah perencanaan penulisan. Buatlah rencana yang mencakup struktur makalah, daftar isi, dan poin-poin utama yang akan kamu bahas. Dengan merencanakan dengan baik, kamu akan memiliki panduan yang jelas saat menulis.

4. Penulisan

Saat menulis makalah, pastikan untuk mengikuti struktur yang telah kamu rencanakan. Mulailah dengan pengantar yang memperkenalkan topik dan menguraikan tujuan makalah. Selanjutnya, jelaskan konsep-konsep kunci, argumentasi, dan analisis data dengan jelas dan sistematis.

5. Pengutipan

Dalam makalah ilmiah, sangat penting untuk mengutip sumber-sumber yang digunakan. Ini tidak hanya mendukung argumen kamu, tetapi juga menunjukkan integritas ilmiah. Gunakan gaya penulisan yang sesuai dengan pedoman yang berlaku, seperti APA, MLA, atau Chicago.

6. Edit dan Koreksi

Setelah menyelesaikan penulisan, langkah selanjutnya adalah mengedit dan melakukan koreksi. Periksa tata bahasa, ejaan, serta format makalah. Pastikan bahwa tulisan kamu mudah di pahami dan bebas dari kesalahan.

7. Penyusunan Daftar Pustaka

Makalah ilmiah harus selalu dilengkapi dengan daftar pustaka yang mencantumkan semua sumber yang kamu gunakan. Pastikan format daftar pustaka sesuai dengan pedoman penulisan yang berlaku.

8. Finalisasi

Sebelum menyerahkan makalah, luangkan waktu untuk review dan finalisasi. Pastikan semua poin telah di jelaskan dengan baik, dan struktur makalah telah di ikuti dengan benar. Juga, pastikan bahwa gaya penulisan sesuai dengan pedoman yang berlaku.

Kesimpulan

Membuat makalah yang baik memerlukan pemahaman tentang pengertian makalah, jenis-jenis makalah, dan tahapan-tahapan penulisannya. Dalam setiap jenis makalah, penting untuk memperhatikan ketelitian, kejelasan, dan kualitas penulisan. Setiap langkah dalam proses penulisan makalah memiliki peranannya masing-masing, dan pemahaman yang mendalam akan membantu kamu menciptakan makalah yang informatif dan berkualitas.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti pedoman yang telah ditetapkan oleh lembaga pendidikan atau dosen kamu. Dengan kerja keras, dedikasi, dan ketelitian, kamu akan mampu menulis makalah yang memenuhi standar ilmiah dan mendapatkan apresiasi yang pantas. Teruslah belajar dan terus mengasah kemampuan menulis. Selamat menulis, Sobat Lokabaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *