Pengertian Biografi? Karakteristik, Struktur, dan Jenisnya

Pengertian Biografi

lokabaca.com – Pengertian Biografi? Penjelasan, Karakteristik, Struktur, dan Jenisnya

Biografi dari individu yang terkenal seringkali menjadi sumber inspirasi bagi yang lain, entah itu karena prestasi mereka, pemikiran mereka, karya mereka, atau hal-hal lainnya yang membuat mereka mencolok. Karena alasan ini, banyak tulisan telah diciptakan tentang tokoh-tokoh ini. Jadi, apa yang dimaksud dengan biografi?

Pengertian Biografi

Biografi adalah sebuah tulisan yang berisi penjelasan tentang kisah dan berbagai informasi tentang seseorang. Secara sederhana, biografi dapat dianggap sebagai kisah hidup orang lain yang biasanya memiliki dampak yang luas.

Definisi ini, dalam etimologi, berasal dari bahasa Yunani, yaitu kata “bios,” yang berarti hidup, dan “graphien,” yang berarti tulisan. Oleh karena itu, biografi adalah tulisan yang berisi tentang kehidupan seseorang. Tulisan ini bisa pendek atau panjang, dan biasanya di tulis oleh orang lain.

Konten dalam biografi mencakup perjalanan hidup seseorang, hampir seluruhnya dengan rincian mulai dari kelahiran, peristiwa penting dalam hidup yang membuatnya terkenal, baik melalui karya, prestasi, atau pemikiran, hingga akhir hayatnya.

Pengertian Biografi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian biografi menurut para ahli:

  • Toyidin (2013) mendefinisikan biografi sebagai riwayat hidup seseorang atau tokoh yang ditulis oleh orang lain.
  • Wahono (2014) mendefinisikan biografi sebagai cerita yang bersifat faktual, yang mana cerita tersebut ditulis sesuai fakta-fakta yang disampaikan oleh penulis.
  • Kemendikbud (2014) mendefinisikan biografi sebagai teks yang mengisahkan tokoh atau pelaku, peristiwa, dan masalah yang dihadapinya.
  • Istiqomah (2015) mendefinisikan biografi sebagai riwayat hidup seseorang yang diceritakan lewat tulisan.
  • Rianto (2019) mendefinisikan biografi sebagai teks yang berisi kisah atau cerita suatu tokoh yang meliputi kelebihan, kekurangan, atau masalah dalam hidup.
  • Sukirno (2016) menuliskan bahwa biografi adalah tulisan yang didalamnya mengisahkan kehidupan seseorang atau orang lain.
Baca Juga:   Contoh Soal US/PSAJ Simulasi dan Komunikasi Digital untuk SMK Beserta Kunci Jawabannya

Apa Karakteristik-karakteristik Biografi?

Biografi memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dari jenis tulisan lainnya. Ini membuatnya mudah di kenali dan tujuan dari tulisan tersebut menjadi jelas. Berikut adalah beberapa karakteristik khusus yang membedakannya:

1. Struktur Standar

Biografi seringkali memiliki struktur standar yang menggunakan Bahasa Indonesia dengan gaya formal. Ini membedakannya dari tulisan lain seperti cerpen fiksi. Selain itu, kontennya didasarkan pada fakta dan informasi pribadi serta cerita orang-orang yang memiliki hubungan dengan tokoh tersebut.

2. Konten yang Kaya

Konten dalam sebuah biografi mencakup perjalanan hidup seseorang, mulai dari kelahiran, masa kecil, pendidikan, kehidupan keluarga, prestasi, dan banyak lagi. Ini adalah kumpulan cerita berdasarkan pengalaman nyata, yang membuatnya berbeda dari cerpen atau novel yang bersifat fiksi. Kontennya didasarkan pada pengalaman, cerita dari orang-orang terkait, dan bukti-bukti otentik lainnya.

3. Gaya Penulisan yang Bervariasi

Gaya penulisan dalam biografi cenderung bervariasi, tergantung pada tokoh yang di angkat. Tokoh terkemuka, terhormat, atau pahlawan nasional biasanya akan di tulis dengan gaya yang lebih formal. Namun, jika tokoh tersebut memiliki dampak positif atau karya yang khusus, penulis bisa menggunakan gaya yang lebih santai, dengan sapaan yang lebih akrab seperti “kamu,” “kami,” “kita,” dan sebagainya.

4. Menginspirasi Pembaca

Selain mengandung hikmah dan pesan, biografi juga mengandung motivasi bagi pembaca agar mereka dapat meniru dan menerapkan jejak yang positif dari tokoh yang menjadi subjek cerita hidupnya. Ini bisa berupa kutipan motivasi dari penulis atau tokoh yang di angkat. Tujuannya adalah agar pembaca dapat mengadopsi sikap, tindakan, karya, dan nilai-nilai positif dari tokoh tersebut, serta menjadi sumber inspirasi untuk terus berusaha dan tidak menyerah.

Struktur Penulisan dalam Biografi

Selain memiliki karakteristik khusus, biografi juga mengikuti struktur penulisan tertentu. Berikut adalah struktur umumnya:

Baca Juga:   Contoh 10 Judul Skripsi untuk Jurusan Teknik Informatika

1. Orientasi

Orientasi adalah bagian pertama dari tulisan yang mengenalkan tokoh utama secara jelas. Ini juga berfungsi sebagai pengantar untuk tulisan biografi. Dalam orientasi, informasi dasar tentang tokoh, termasuk identitasnya, keluarganya, dan latar belakangnya, harus di jelaskan dengan baik agar pembaca dapat mengikuti cerita dengan baik.

2. Peristiwa dan Masalah

Bagian berikutnya dalam biografi adalah peristiwa dan masalah yang menjadi fokus cerita. Ini adalah elemen penting yang memotivasi atau memberikan nilai tambah dalam tulisan biografi. Peristiwa dan masalah ini bisa berupa pengalaman hidup yang sulit dan bagaimana tokoh tersebut mengatasi tantangan tersebut. Hal ini memberikan uniknya cerita dan memberikan motivasi bagi pembaca.

3. Reorientasi (Opsional)

Reorientasi adalah bagian penutup yang bisa opsional. Ini seringkali berisi pandangan atau opini penulis tentang tokoh atau peristiwa yang di gambarkan dalam biografi. Keberadaan reorientasi ini tergantung pada kebutuhan dan tujuan penulisan. Isinya seringkali berupa pandangan subjektif penulis yang bisa menjadi sumber inspirasi tambahan atau pemahaman yang lebih dalam tentang tokoh tersebut.

Mengenal Jenis-jenis Biografi

Biografi memiliki beberapa jenis yang di bagi berdasarkan berbagai kriteria. Ini membuatnya bervariasi sesuai dengan tujuan penulis dalam memperkenalkan tokoh utama tulisannya. Berikut adalah beberapa jenis biografi:

Berdasarkan Pembahasan

Biografi dapat di bagi berdasarkan pembahasannya menjadi tiga jenis: politik, intelektual, dan jurnalistik. Ketiganya berfokus pada aspek yang berbeda dalam hidup tokoh, menjadikan arah tulisan hanya fokus pada salah satu aspek tersebut.

  • Biografi politik dan intelektual berfokus pada pencapaian politik atau pemikiran intelektual tokoh. Mereka sering memiliki tujuan tertentu dan memerlukan riset dalam penulisannya.
  • Biografi jurnalistik diperoleh melalui wawancara dengan tokoh atau orang-orang terkait, dan seringkali lebih fokus pada aspek peristiwa dalam hidup tokoh.

Berdasarkan Penerbit

Biografi juga dapat di bagi berdasarkan penerbitannya menjadi dua jenis: independen dan subsidi.

  • Biografi independen adalah yang penerbitannya di kelola dari awal hingga akhir, mulai dari penulisan hingga distribusi. Biasanya, tujuannya adalah mendapatkan perhatian masyarakat sebagai pembeli.
  • Biografi subsidi adalah penerbitan buku yang bersifat komersial dan di dukung oleh sponsor atau pihak lain. Tujuannya tidak selalu berorientasi pada popularitasnya di masyarakat, sehingga harganya bisa lebih tinggi.
Baca Juga:   Teori Gravitasi Newton: Pengenalan, Konsep Dasar, dan Peranannya dalam Fisika Modern

Berdasarkan Isinya

Biografi juga dapat di bagi berdasarkan isi ceritanya menjadi dua jenis:

  • Biografi perjalanan hidup yang menceritakan secara rinci perjalanan hidup seseorang, mencakup kelahiran hingga kematian, dengan menekankan pada peristiwa yang berkesan dalam hidupnya.
  • Biografi karir yang berfokus pada perkembangan karir seseorang, dari awal hingga mencapai puncak keberhasilannya dan posisi saat ini.

Berdasarkan Sisi Penulisnya

Dilihat dari sisi penulisnya, biografi terbagi menjadi dua jenis: autobiografi dan biografi. Perbedaannya terletak pada siapa yang menulis cerita hidup tersebut.

  • Autobiografi adalah tulisan riwayat hidup yang di tulis oleh diri sendiri.
  • Biografi adalah tulisan riwayat hidup yang di tulis oleh orang lain tentang seseorang, bukan oleh pemilik cerita hidup itu sendiri.

Memahami pengertian biografi secara mendalam akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang tulisan tersebut. Ini juga akan membantu bagi mereka yang memiliki profesi sebagai penulis biografi atau yang tertarik menulis tentang kehidupan tokoh terkenal. Dengan begitu, pertanyaan tentang apa itu biografi dapat terjawab dengan baik.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dibahas dengan mendalam mengenai pengertian dan karakteristik biografi. Biografi adalah sebuah tulisan yang menggambarkan kehidupan seseorang dan memiliki ciri-ciri khusus seperti struktur standar, konten yang kaya, gaya penulisan yang bervariasi, dan kemampuan untuk menginspirasi pembaca.

Struktur penulisan dalam biografi terdiri dari orientasi, peristiwa dan masalah, serta reorientasi yang bersifat opsional. Jenis-jenis biografi juga telah dijelaskan, termasuk berdasarkan pembahasan, penerbit, isi, dan sisi penulisnya.

Artikel ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang apa itu biografi, bagaimana karakteristiknya, serta struktur dan jenis-jenisnya. Dengan memahami hal ini, penulis biografi dan pembaca dapat lebih menghargai dan mengenali kisah hidup tokoh-tokoh yang menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *