PPDB SMP Terbaru: Info Lengkap Jadwal, Persyaratan dan Pendaftaran

PPDB SMP Terbaru

PPDB SMP Terbaru: Info Lengkap Jadwal, Persyaratan dan Pendaftaran

Hello Sobat Lokabaca!

Mau tahu informasi terbaru tentang PPDB SMP? Yuk, simak artikel PPDB SMP Terbaru: Info Lengkap Jadwal, Persyaratan dan Pendaftaran sampai selesai! PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru merupakan kegiatan yang di lakukan setiap tahun oleh sekolah untuk menerima siswa baru. Sebelum mendaftar, pastikan kamu mengetahui jadwal, persyaratan, dan cara pendaftarannya terlebih dahulu.

Jadwal PPDB SMP

Untuk tahun ajaran 2023/2024, jadwal PPDB SMP di seluruh Indonesia sudah di tetapkan. Tahapan-tahapan dalam PPDB SMP terdiri dari pendaftaran, verifikasi dokumen, seleksi, pengumuman, dan daftar ulang. Setiap sekolah memiliki jadwal yang berbeda-beda, maka dari itu pastikan kamu mengecek jadwal di sekolah yang kamu inginkan.

Persyaratan PPDB SMP

Ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi sebelum mendaftar ke SMP melalui jalur PPDB. Persyaratan tersebut antara lain:

Usia minimal 12 tahun pada saat mendaftar.
Telah menyelesaikan pendidikan dasar atau kelas VI SD.
Memiliki nilai rapor yang memenuhi standar kelulusan sekolah.
Membawa dokumen-dokumen yang di perlukan seperti kartu keluarga, akta kelahiran, dan pas foto terbaru.
Pastikan kamu memenuhi persyaratan tersebut sebelum mendaftar.

Baca Juga:   Apa Itu Jalur Afirmasi PPDB 2023?

Cara Pendaftaran PPDB SMP

Cara pendaftaran PPDB SMP juga berbeda-beda tergantung dari masing-masing sekolah. Ada yang mendaftar secara online melalui website sekolah, ada juga yang mendaftar langsung ke sekolah dengan membawa berkas yang di perlukan. Pastikan kamu membaca petunjuk pendaftaran yang di berikan oleh sekolah dengan baik.

Seleksi PPDB SMP

Setelah mendaftar, kamu akan mengikuti tahapan seleksi. Tahapan seleksi terdiri dari tes tertulis, tes wawancara, dan tes kesehatan. Setiap sekolah juga memiliki cara tersendiri dalam melakukan seleksi, jadi pastikan kamu mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Pengumuman PPDB SMP

Setelah tahapan seleksi selesai di lakukan, pengumuman hasil seleksi akan di umumkan oleh masing-masing sekolah. Pengumuman biasanya di lakukan secara online atau di pasang di papan pengumuman di sekolah. Jangan lupa untuk terus memantau pengumuman dari sekolah yang kamu daftarkan.

Daftar Ulang PPDB SMP

Setelah pengumuman, kamu akan di wajibkan untuk melakukan daftar ulang. Daftar ulang di lakukan untuk memastikan bahwa kamu resmi menjadi siswa di sekolah yang kamu daftarkan. Pastikan kamu membawa berkas-berkas yang di perlukan pada saat daftar ulang.

PPDB SMP Masih di Tengah Pandemi

PPDB SMP tahun ini diadakan di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Oleh karena itu, sekolah dan pihak terkait telah menetapkan protokol kesehatan yang harus di patuhi selama kegiatan PPDB berlangsung. Beberapa protokol kesehatan yang harus di patuhi antara lain:

Wajib menggunakan masker.
Menjaga jarak aman.
Mencuci tangan secara teratur.
Membawa hand sanitizer pribadi.
Menghindari kerumunan.
Pastikan kamu mematuhi protokol kesehatan yang telah di tetapkan selama kegiatan PPDB berlangsung.

Catatan Penting untuk Siswa dan Orang Tua

Sebagai siswa atau orang tua siswa, ada beberapa hal penting yang perlu di perhatikan sebelum dan saat melakukan PPDB SMP. Beberapa hal tersebut antara lain:

Baca Juga:   Pengertian Biografi? Karakteristik, Struktur, dan Jenisnya

Pastikan kamu telah memahami jadwal, persyaratan, dan cara pendaftaran PPDB SMP.
Siapkan dokumen-dokumen yang di perlukan dengan baik.
Persiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tahapan seleksi.
Patuhi protokol kesehatan yang telah di tetapkan.
Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kamu dapat memastikan bahwa proses PPDB SMP berjalan lancar.

Kesimpulan

PPDB SMP merupakan kegiatan penting dalam memilih sekolah yang tepat untuk anak. Untuk memastikan proses PPDB berjalan dengan baik, kamu perlu memperhatikan jadwal, persyaratan, dan cara pendaftarannya. Selain itu, persiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tahapan seleksi dan patuhi protokol kesehatan yang telah di tetapkan. Dengan melakukan semua hal tersebut, kamu dapat memastikan bahwa anakmu berhasil masuk ke sekolah yang di inginkan.

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *