Tinjauan Pustaka dalam Penelitian: Arti, Tujuan, dan Manfaatnya

Tinjauan Pustaka dalam Penelitian

lokabaca.com – Tinjauan Pustaka dalam Penelitian: Arti, Tujuan, dan Manfaatnya

Hello Sobat Lokabaca! Selamat datang kembali di lokabaca.com. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas topik yang sangat penting dalam dunia penelitian, yaitu “Tinjauan Pustaka dalam Penelitian: Arti, Tujuan, dan Manfaatnya.” Jika kamu tertarik untuk memahami bagaimana melakukan tinjauan pustaka yang efektif, teruslah membaca!

Apa itu Tinjauan Pustaka?

Tinjauan pustaka merupakan langkah awal yang tak terpisahkan dalam proses penelitian. Ini melibatkan pengumpulan, analisis, dan sintesis informasi dari berbagai sumber literatur yang relevan dengan topik penelitian. Dalam tinjauan pustaka, kita menjelajahi penelitian-penelitian terdahulu, teori-teori yang relevan, serta pendekatan-pendekatan yang telah diterapkan oleh peneliti lain.

Pengertian Tinjauan Pustaka Menurut Para Ahli

Sedangkan menurut para ahli, hal ini dapat di definisikan dengan berbagai macam, yakni sebagai berikut:

1. Cooper

Cooper menjelaskan bahwa tinjauan pustaka memiliki beberapa bentuk. Pertama, peninjauan ulang terhadap pustaka yang telah ada sebelumnya untuk menggabungkan apa yang sudah dinyatakan dan di lakukan oleh orang lain. Kedua, peninjauan ulang yang di lakukan untuk mengkritisi pustaka-pustaka yang telah ada sebelumnya. Ketiga, peninjauan ulang untuk menjembatani satu topik dengan topik lainnya. Keempat, peninjauan pustaka untuk mengidentifikasi isu-isu sentral pada bidang tertentu.

Baca Juga:   Menggambar Pemandangan dengan Teknik Sketsa yang Mudah dan Cepat

2. Eki Meliansyah

Pengertian menurut Eki Meliansyah adalah sebuah rangkaian aktivitas yang mencari, membaca, dan menelaah laporan-laporan penelitian yang relevan dengan penelitian yang akan kita lakukan.

3. Leedy

Menurut Leedy, adalah penjelasan ulang yang berisikan pernyataan peneliti sebelumnya mengenai penelitian serupa yang akan di lakukan. Bisa di artikan bahwa tinjauan pustaka adalah langkah-langkah penelitian yang di lakukan kembali dengan pengembangan.

4. Gandas

Bagi Gandas adalah sebuah bab khusus yang membahas kajian dan teori-teori yang berkaitan dengan topik yang di bicarakan dengan tujuan menghasilkan hipotesis atau menguji kebenaran teori dalam penelitian tersebut.

Tujuan Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka memiliki beberapa tujuan penting. Pertama, ia membantu peneliti memahami landasan teoritis yang mendukung penelitiannya. Kedua, tinjauan pustaka membantu mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan dalam literatur yang dapat di isi oleh penelitian baru. Ketiga, itu membantu dalam merumuskan pertanyaan penelitian yang relevan dan bermanfaat.

Manfaat Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka memberikan manfaat besar dalam penelitian. Pertama-tama, ia mengurangi risiko pengulangan penelitian dengan memastikan bahwa penelitian yang serupa sudah di lakukan sebelumnya. Kedua, ia memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kerangka konseptual penelitian, memandu perumusan hipotesis, dan mengarahkan desain penelitian. Ketiga, tinjauan pustaka membantu mengidentifikasi metode-metode yang sesuai dan mengarahkan analisis data.

Langkah-langkah dalam Mengevaluasi Literatur

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita lihat langkah-langkah penting dalam melakukan tinjauan pustaka yang efektif:

1. Menentukan Ruang Lingkup: Batasi ruang lingkup tinjauan pustaka sesuai dengan topik penelitian.

2. Pengumpulan Literatur: Kumpulkan literatur dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku, artikel online, dan sumber-sumber akademis lainnya.

3. Evaluasi Literatur: Lakukan analisis kritis terhadap setiap sumber, tinjau kekuatan dan kelemahannya.

Baca Juga:   Pengertian Hipotesis dalam Penelitian: Peran, Fungsi, Contoh, dan Definisi Menurut Para Ahli

4. Sintesis Informasi: Sintesis informasi dari sumber-sumber yang berbeda untuk membangun argumen yang koheren.

5. Identifikasi Kesenjangan: Tentukan kesenjangan pengetahuan yang dapat di isi oleh penelitian baru.

Sumber-Sumber Utama untuk Tinjauan Pustaka

Dalam melakukan tinjauan pustaka, kita perlu mengakses sumber-sumber yang dapat diandalkan. Beberapa sumber utama yang dapat digunakan meliputi:

  • Jurnal Ilmiah
  • Buku Akademis
  • Konferensi dan Seminar
  • Sumber Online yang Terpercaya

Menulis Tinjauan Pustaka yang Efektif

Menulis tinjauan pustaka yang baik memerlukan keterampilan tertentu. Pastikan untuk:

  • Memahami Kerangka Konseptual
  • Merumuskan Pertanyaan Penelitian yang Tepat
  • Melakukan Analisis Kritis terhadap Setiap Sumber
  • Mengaitkan Tinjauan Pustaka dengan Penelitian yang Akan di lakukan

Menghindari Plagiarisme

Salah satu hal yang perlu di hindari dalam tinjauan pustaka adalah plagiarisme. Pastikan untuk selalu memberikan atribusi yang tepat ketika mengutip atau merujuk pada sumber-sumber lain.

Contoh Tinjauan Pustaka yang Baik

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, mari lihat contoh tinjauan pustaka yang baik dalam artikel selanjutnya.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah menjelajahi makna, tujuan, dan manfaat dari tinjauan pustaka dalam penelitian. Memahami langkah-langkah penting dalam melakukan tinjauan pustaka yang efektif akan membantu peneliti mengarahkan penelitian mereka dengan lebih baik dan mengisi kesenjangan pengetahuan dalam literatur. Jangan lupa, tinjauan pustaka adalah fondasi yang kuat untuk penelitian yang berkualitas.

Tunggu artikel menarik lainnya hanya di lokabaca.com! Terima kasih telah bergabung, Sobat Lokabaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *