Contoh Soal US/PSAJ PJOK/Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMA/SMK Sederajat Beserta Kunci Jawabannya

Contoh Soal

Contoh Soal US/PSAJ PJOK/Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMA/SMK Sederajat Beserta Kunci Jawabannya

Hello Sobat Lokabaca! Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti oleh siswa SMA/SMK sederajat. Untuk menghadapi Ujian Sekolah (US) atau Penilaian Sekolah dalam Rangka Akreditasi Jenjang (PSAJ) PJOK, dibutuhkan persiapan yang matang dan mendalam. Salah satu persiapan yang dapat dilakukan adalah dengan menguasai contoh soal US/PSAJ PJOK dan kunci jawabannya. Berikut adalah beberapa contoh soal US/PSAJ PJOK beserta kunci jawabannya yang bisa Sobat Lokabaca pelajari.

1.


Pada ilustrasi gambar diatas adalah salah satu teknik dasar permainan sepak bola, yaitu menendang bola dengan kaki bagian dalam, pada saat melakukan teknik tersebut, perkenaan kaki pada bola yang benar adalah …..
A. Bagian atas bola
B. Bagian samping kanan bola
C. Bagian samping kiri bola
D. Bagian tengah bola
E. Bagian bawah bola

Jawaban : D. Bagian tengah bola

2. Pada kegiatan ekstrakurikuler sepak bola SMK Negeri Kutasari sore ini, menerapkan 4 pemain belakang, 4 pemain tengah, dan 2 pemain depan permainan sepak bola, maka tim SMK Negeri Kutasari menerapkan formasi …..
A. 3 – 5 – 2
B. 4 – 4 – 2
C. 2 – 4 – 5
D. 2 – 5 – 3
E. 2 – 4 – 4

Jawaban : B. 4 – 4 – 2

3. Pada kejuaraan Liga Bola Voli antar Sekolah Menengah se abupaten Purbalingga, tim bola voli SMKKU menerapkan dua set upper, penempatan set upper dalam permainan bola voli dibawah ini adalah…..
A.
Soal US/PSAJ PJOK SMA/SMK
B.
Soal US/PSAJ PJOK SMA/SMK
C.
Soal US/PSAJ PJOK SMA/SMK
D.
Soal US/PSAJ PJOK SMA/SMK
E.
Soal US/PSAJ PJOK SMA/SMK

Jawaban : C.

4. Disetiap akhir semester di SMK N 1 KUTASARI menyelenggarakan kegiatan class Meeting, tim Bola Voli Kelas XII TKJ 2 pada Kegiatan Class Meeting cabang olahraga Bola Voli, menerapkan 1 set upper dan 5 smasher. Penempatan Set upper berada pada posisi ….
A.

B.

C.

D.

E.

Jawaban : C.

5. Pada pertandingan sepak bola antara kelas XI TPTU melawan XI TSM 2 kegiatan class meeting akhir semester ganjil di SMK N 1 Kutasari dimana Eki sebagai striker tim kelas XI TPTU melakukan tackling pelanggaran di dalam kotak penalty maka wasit yang sedang bertugas pada pertandingan tersebut memberikan sanksi berupa. …
A. Throw-in
B. Tendangan sudut
C. Tendangan Gawang
D. Kick-off
E. Pinalty kick

Jawaban : E. Pinalty kick

6. Surabaya Bhayangkara Samator akan menjalani pertandingan pertama di babak empat besar (Final Four) Proliga pada Jumat, 8 Februari 2019. Pada laga yang berlangsung di Gedung Olahraga Joyoboyo, Kediri, Samator bakal melawan Jakarta BNI 46. Pemain Samator Rendy Tamamilang menyatakan rekan-rekannya sudah siap meladeni permainan Jakarta BNI 46. Pada saat mencapai angka 24 -18, Rendy Tamamilang melakukan smash yang mematikan di lapangan lawan,dalam pertandingan tersebut tim Bhayangkara Samator mendapatakan tambahan point yang pada akhirnya memenangkan pertandingan bola voli. Sistim penilaian yang digunakan apabila 1 tim mendapatkan nilai/angka dalam 1 sajian servis maka sistem yang digunakan adalah….
A. Volly point
B. Servis point
C. Smash point
D. Rally point
E. Pass point

Jawaban : D. Rally point

7. Pada suatu pertandingan permainan Bola Basket, Andika melakukan gerakan yang diawali dengan 2 langkah, terakhir melakukan lompatan di dekat ring basket dan bola masuk ke dalam ring basket tersebut. Rangkaian gerakan yang dilakukan Andika dalam teknik dasar permainan bola basket disebut dengan teknik Lay-Up yang akan memperoleh nilai sebanyak ….
A. 1 point
B. 2 point
C. 3 point
D. 4 point
E. 5 point

Jawaban : B. 2 point

8. Pada sesi latihan bulu tangkis pemain pertama melakukan pukulan dalam permainan bulu tangkis yang bertujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan, sedangkan pemain lawan melakukan pukulan yang di lakukan di dekat net yang di pukul dengan sentuhan halus namun akurat, di lakukan supaya shuttlecock yang jatuh di bidang lawan jatuh sedekat mungkin dekat net, sehingga lawan akan sulit mengembalikan shuttlecock. Dari ilustrasi diatas, kedua pemain bulutangkis melakukan pukulan ….
A. Lob dan netting
B. Dropshoot dan netting
C. Lob dan dropshoot
D. Lob dan smash
E. Smash dan netting

Jawaban : A. Lob dan netting

9. Dalam pertandingan tenis meja Yusuf melakukan servis pertama kepada Agung, setelah terjadi permainan yang seru dan seimbang, akhirnya terjadi deuce atau poin 10 sama. Yusuf melakukan servis tapi pengembalian Agung bola out, kemudian Agung servis dikembalikan oleh Yusuf dengan servis keras dan Agung tidak bisa mengembalikan, maka pertandingan berakhir dengan skor ….
A. 2 – 0
B. 8 – 6
C. 10 – 8
D. 12 – 10
E. 15 – 13

Jawaban : D. 12 – 10

10.
Soal US/PSAJ PJOK SMA/SMK
Pada gambar diatas tampak cara melakukan pukulan dalam permainan softball, untuk memperoleh pukulan mendatar yang baik maka bola lambungan dari pitcher akan dipukul pada ketinggian bola setinggi ….
A. Lutut
B. Paha
C. Perut
D. Dada
E. Kepala

Jawaban : D. Dada

11. Rudi sangat cepat melakukan drible dalam bermain sepakbola. Rudi bersemangat melakukan latihan teknik menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam, bagian punggung kaki, serta bagian luar kaki. Teknik mendrible bola yang cepat oleh Rudi ketika bermain adalah menggunakan ….
A. Kaki bagian dalam.
B. Kaki bagian luar
C. Kaki bagian punggung
D. Kaki bagian telapak
E. Kaki bagian ibu jari

Jawaban : C. Kaki bagian punggung

12. Dalam bermain bulutangkis Aji sangat kesusahan saat harus melakukan pukulan lob. Bola pukulan lob Aji seringnya tanggung sehingga mudah di smash lawan. Maka Aji harus berlatih pukulan lob dengan tahap ….
A. Memukul dari dekat net
B. Memukul jauh dari net
C. Memukul jarak sedang dari net
D. Memukul dari jarak dekat, sedang, dan jauh dari net
E. Memukul dari jarak jauh, sedang, dan dekat net.

Baca Juga:   Soal PSAT Produktif Akuntansi Kelas XI SMK Lengkap dengan Kunci Jawabannya

Jawaban : D. Memukul dari jarak dekat, sedang, dan jauh dari net

13. Pelompat jauh sering kali kesulitan untuk memperoleh ketepatan menumpukan kaki untuk melompat dengan kuat dan jauh. Pada tahapan ini sangat dibutuhkan kejelian dan latihan yang serius, agar dorongan lari awalan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendorong badan kedepan sampai pendaratan. Pada tahapan teknik lompatan biasanya pelompat akan melompat dengan kuat….
A. Keatas
B. Kesamping kiri
C. Kesamping kanan
D. Kedepan atas lurus
E. Kedepan atas parabola

Jawaban : E. Kedepan atas parabola

14. Tendangan dalam pencak silat merupakan teknik yang sulit untuk dilakukan, karena tendangan harus dilakukan dengan kuat, cepat, dan tepat. Teknik tendangan lurus, sabit, sapuan, berantai harus dilatih dengan tahapan yang baik sehingga memiliki gerakan tendangan yang efektif dan efisien. Cara melakukan tendangan sabit yang baik adalah ….
A. Kaki tumpu bertumpu dengan kuat, badan miring kearah kaki tumpu, kaki yang lain dilayangkan melengkung kearah sasaran.
B. Kaki tumpu bertumpu dengan rileks, badan lurus kearah kaki tumpu, kaki yang lain dilayangkan melengkung kearah sasaran.
C. Kaki tumpu bertumpu dengan slow, badan miring kearah kaki layang, kaki yang lain dilayangkan melengkung kearah sasaran.
D. Kaki tumpu bertumpu dengan kuat, badan tegak kearah kaki tumpu, kaki yang lain dilayangkan melengkung kearah sasaran.
E. Kaki tumpu bertumpu dengan santai, badan miring kearah kaki tumpu, kaki yang lain dilayangkan melengkung kearah sasaran

Jawaban : A. Kaki tumpu bertumpu dengan kuat, badan miring kearah kaki tumpu, kaki yang lain dilayangkan melengkung kearah sasaran.

15. Perlombaan atletik nomor jalan cepat nomor 10.000 meter POMNAS XII putri pada tanggal 20 September 2018 diwarnai diskualifikasi, karena ada pelari yang jalan cepatnya kurang benar. Teknik jalan mendapat perhatian yang kusus karena sangat berbeda tipis dengan lari. Salah satu kesalahan teknik jalan cepat yang sering terjadi adalah ….
A. Jalan tapi ada gerakan berhenti
B. Jalan dengan kaki tumpuan ujung kaki
C. Jalan sambil memegang perut
D. Jalan tapi ada saat melayangnya
E. Jalan tanpa ayunan tangan

Jawaban : D. Jalan tapi ada saat melayangnya

16. Tahapan tolakan kaki pada lompat jauh yang menumpu dibatas tumpuan kaki sering kali menjadi masalah tersendiri bagi pelompat. Kesalahan ditahap ini menyebabkan kefatalan, yaitu akan didiskualifikasi. Salah satu tolakan kaki yang menyebabkan lompatan didiskualifikasi adalah….
A. Setelah tolakan, mendarat kemudian berjalan kedepan
B. Setelah tolakan, kaki melakukan gerakan jongkok sebelum mendarat
C. Setelah tolakan, kaki melakukan gerakan berjalan di udara sebelum mendarat
D. Saat menolak jari jari kaki melebihi batas tolakan
E. Saat menolak kaki tolak di belakang batas tolak , kaki merapat sambil melayang sebelum mendarat

Jawaban : D. Saat menolak jari jari kaki melebihi batas tolakan

17. Pada lari estafet start yang di gunakan ada dua macam start. Untuk pelari pertama menggunakan start jongkok yang terdapat tiga macam cara dan pelari kedua, ketiga, keempat menggunakan start melayang yang di beri jarak atau disebut juga pra zone. Pada start melayang berjarak ….
A. 5 meter.
B. 10 meter.
C. 15 meter.
D. 20 meter.
E. 25 meter

Jawaban : B. 10 meter.

18. Pencak silat olahraga beladiri pada saat pertandingan untuk memperoleh kemenangan dapat memperoleh nilai yang terbanyak, dapat dilakukan dengan cara menendang, memukul, jatuhan, pada pukulan dan tendangan apabila mengenai sasaran yang tepat akan memperoleh nilai ….
A. Tendangan 1, pukulan 2
B. Tendangan 2, pukulan 2
C. Tendangan 2, pukulan 1
D. Tendangan 1, pukulan 1
E. Tendangan 3, pukulan 2

Jawaban : C. Tendangan 2, pukulan 1

19. Sebuah teknik dalam pencak silat dimana seseorang menghindar serangan lawan disebut ….
A. Tendangan melingkar
B. Tangkisan
C. Elakan
D. Pukulan
E. Sabitan

Jawaban : C. Elakan

20.
Soal US/PSAJ PJOK SMA/SMK
Kuda-pada karate melakukannya yaitu dengan kaki depan di tekuk dan sejajar dengan lutut, kaki belakang tetap lurus. Ibu jari agak sedikit masuk kedalam dan tapak kaki menapak dengan rata di lantai, adapun titik berat dapat pada kuda-kuda ini adalah 60 % untuk kaki depan dan 40% untuk kaki belakan. Berikut gambar lebih jelasnya merupakan teknik kuda-kuda ….
A. Kokutsu dachi
B. Zen kutsu dachi
C. Heisoku dachi
D. Hachiji dachi
E. Neiko hatsi dachi

Jawaban : B. Zen kutsu dachi

21. Lompat jauh atau long jump merupan penerapan dari kecepatan horizontal menjadikan kecepatan fertikal setelah sesaat melakukan tolakan. Setalah tolakan atau pada saat melayang terdapat 3 gaya atau teknik yang bisa membedakannya, salah satu gaya yang paling efektif menggunkan teknik walking in the air yang cara melakukannya. .. .
A. Mengangkat lutut kedapan kedua kaki kedepan sampai pendaratan.
B. Teknik melangkahkan kaki pada saat melanyang sampai pendaratan.
C. Menekuk kedua kaki ke belakang sampai pendaratan.
D. Melangkangkan satu kaki sampai pendaratan.
E. Mengangkat kedua tangan dan kaki sampai pendaratan.

Baca Juga:   Pengertian Industri Garmen

Jawaban : B. Teknik melangkahkan kaki pada saat melanyang sampai pendaratan.

22. Keberhasilan untuk melakukan tolak peluru di topang dari teknik yang benar, mulai dari awalan sampai peluru lepas dari tangan. Power atau daya ledak hal yang dominan untuk bisa melakukan tolakan dengan hasil yang jauh yang terdapat pada otot lengan. Untuk mendapatkan power otot lengan yang baik seharusnya ….
A. Melakukan latihan push up.
B. Melakukan latiahan squt trust.
C. Melakukan latihan sit up.
D. Melakukan latihan squt jump.
E. melakukan latihan up hill

Jawaban : A. Melakukan latihan push up.

23.
Soal US/PSAJ PJOK SMA/SMK
Teknik hindaran yang melalui tahapan gerakan
1). Sikap kuda-kuda
2). Angkat kedua kaki dengan sikap tungkai di tekuk
3). Sikap tangan tetap waspada
4). Mendarat dengan kedua kaki saling menyusul
Ilustrasi dan tahapan gerakan pada gambar atas adalah hindaran ….
A. Hindaran bawah.
B. Hindaran atas.
C. Hindaran samping.
D. Hindaran lurus.
E. Hindaran kanan.

Jawaban : B. Hindaran atas.

24. Untuk melakukan roll depan terdapat tahapan rangkaian gerak yang di jadikan satu gerakan, indikasi yang benar mulai dari awal sampai akhir terdapat satu titik lurus. Rangkaian gerak tersebut di lihat dari awal berdiri, kedua tangan sebagai tumpuan awal kemudian bagian tubuh belakang sampai berdiri kembali. Urutan bagian tubuh belakang yang menyentuh matras adalah…
A. Tengkuk-punggung-panggul-pinggang
B. Tengkuk-panggul-pinggang-punggung
C. Tengkuk-punggung-pinggang
D. Tengguk-pinggang-panggul-punggung
E. Tengkuk-panggul-punggung-pinggang

Jawaban : E. Tengkuk-panggul-punggung-pinggang

25. Pemanasan merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan sebelum melakukan olah raga salah satunya adalah roll depan untuk mencegah terjadinnya cidera. Bagian tubuh yang penting dan harus disiapkan dalam pemansan sebelum melakukan roll depan adalah …
A. Otot kaki
B. Otot lengan
C. Otot Leher
D. Otot Perut
E. Otot Dada

Jawaban : C. Otot Leher

26. Roll depan merupakan gerakan yang memiliki tahapan-tahapan mulai dari awalan sampai akhiran. Gerakan awal dalam melakukan roll depan adalah …
A. Berdiri
B. Membungkuk
C. Jongkok
D. Duduk
E. Terlentang

Jawaban : A. Berdiri

27. Perhatikan bentuk latihan kebugaran jasmani yang disajikan melalui narasi dibawah ini !
1) Teguh berlari sejauh 2, 4 km melewati persawahan
2) Andreas melakukan angkat barbel 20 kali didepan rumah setiap hari
3) Setiap minggu Sugeng pergi ke Owabong untuk berenang selama 20 menit
4) Setiap hari Panggah melakukan push-up 30 kali sebelum mandi
Dari narasi diatas, kegiatan yang melatih daya tahan jantung-paru dan peredaran darah adalah nomor …
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 3) dan 4)
D. 1) dan 3)
E. 2) dan 4)

Jawaban : D. 1) dan 3)

28. Ade Rai merupakan atlet binaraga yang mempunyai otot lengan yang sangat besar. Untuk mendapatkan otot lengan yang besar memerlukan latihan yang keras. Bentuk latihan yang digunakan untuk membentuk otot lengan adalah ….
A. Push Up
B. Sit Up
C. Back Up
D. Squad Jump
E. Vertical Jump

Jawaban : A. Push Up

29. Untuk melatih dan meningkatkan daya tahan dan kelincahan bentuk latihan kebugaran jasmani yang dilakukan dengan terukur, teratur dan baik geraknya adalah ….
A. lari joging 20 menit dan push up
B. lari joging 20 menit dan lari sprint 60 meter
C. lari zig zag dan lari joging 20 menit
D. lari zig zag dan lari sprint
E. lari zig zag dan joging 5 menit

Jawaban : C. lari zig zag dan lari joging 20 menit

30. Senam Lantai mempunyai beberapa gerakan diantaranya roll depan, roll bawah, kayang, dll. Dalam gerakan roll depan, bagian tubuh yang pertama kali menyentuh matras adalah tengkuk. Untuk melakukan gerakan tersebut maka posisi kepala adalah ….
A. Menghadap ke atas
B. Menghadap ke depan
C. Menghadap ke bawah
D. Menoleh ke kanan
E. Menoleh ke kiri

Jawaban : C. Menghadap ke bawah

31. Perhatikan gambar dibawah ini!
Soal US/PSAJ PJOK SMA/SMK
Gambar diatas merupakan gerakan senam irama dengan variasi …
A. Ayunan lengan atas lurus
B. Ayunan lengan bawah lurus
C. Ayunan lengan atas dan bawah lurus
D. Ayunan lengan samping kanan lurus
E. Ayunan lengan samping kiri lurus

Jawaban : A. Ayunan lengan atas lurus

32. Olahraga renang terdapat beberapa macam gaya, salah satunya adalah renang gaya bebas. Renang gaya bebas memiliki 3 gerakan yaitu gerakan kaki, tangan, dan kepala. Gerakan kaki renang gaya bebas adalah ….
A. Ke atas dan ke bawah secara bersamaan
B. Ke atas dan ke bawah secara bergantian
C. Di dorong ke belakang secara bergantian
D. Membuka dan menutup secara bersamaan
E. Ditekuk dan diluruskan

Jawaban : B. Ke atas dan ke bawah secara bergantian

33. Dalam olahraga renang gaya bebas terdapat beberapa point penting untuk menghasilkan gerakan yang benar, salah satunya adalah posisi badan. Berikut yang merupakan posisi badan yang benar dalam renang gaya bebas adalah….
A. Sejajar dengan air
B. Seimbang
C. Strim line
D. Kepala masuk air kira-kira 70%
E. Seluruh anggota badan tegak

Jawaban : A. Sejajar dengan air

34. Pada perlombaan renang gaya ganti perorangan gaya renang ke 2 dan 4 melakukan renang gaya. ..
A. Gaya punggung dan gaya bebas
B. Gaya kupu-kupu dan gaya dada
C. Gaya kupu-kupu dan gaya punggung
D. Gaya dada dan gaya bebas
E. Gaya bebas dan gaya kupu-kupu

Baca Juga:   SMA Negeri Terbaik di Purbalingga Menurut Akreditasi

Jawaban : D. Gaya dada dan gaya bebas

35. Dalam renang gaya bebas terdapat 3 gerakan yaitu gerakan kaki, tangan dan kepala. Berikut ini yang merupakan bentuk latian untuk melatih gerakan kaki adalah ….
A. Latian gerakan tungkai sambil meluncur
B. Latian gerak lutut sambil meluncur
C. Latian gerak tumit sambil meluncur
D. Latian gerak tumit dan lutut sambil meluncur
E. Latian gerak betis sambil meluncur

Jawaban : A. Latian gerakan tungkai sambil meluncur

36. Seseorang tertangkap sedang mengkonsumsi Narkoba jenis sabu-sabu, maka pasal yang bisa menjerat seseorang pemakai Narkoba adalah ….
A. Pasal 127 ayat 1 tentang Narkotika
B. Pasal 128 ayat 1tentang Narkotika
C. Pasal 129 ayat 1 tentang Narkotika
D. Pasal 130 ayat 1 tentang Narkotika
E. Pasal 131 ayat 1 tentang Narkotik

Jawaban : A. Pasal 127 ayat 1 tentang Narkotika

37. Seseorang meninggal dunia akibat over dosis pada saat mengkonsumsi Narkoba, hal untuk mencegah bahaya tersebut adalah ….
A. Mempererat hubungan dengan keluarga
B. Menjauhi orangnya
C. Patuh pada peraturan
D. Rajin berangkat sekolah
E. Sikap acuh tak acuh kepada sesama

Jawaban : A. Mempererat hubungan dengan keluarga

38. Seseorang yang terjangkit HIV AIDS karena pergaulan bebas. Untuk menghidari penyakit tersebut maka ….
A. Tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah
B. Menggunakan jarum suntik yang sudah di sterilkan
C. Berolahraga dengan rajin
D. Rajin berangkat sekolah
E. Melakukan diskusi tentang bahaya HIV AIDS

Jawaban : A. Tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah

39. Dalam rangka pencegahan dan pemberantasan peredaran Narkoba pemerintah membentuk Badan Narkotika Nasional yang diatur dalam UU nomer 35 tahun 2009 pasal….
A. Pasal 60
B. Pasal 61
C. Pasal 62
D. Pasal 63
E. Pasal 64

Jawaban : E. Pasal 64

40. Di zaman modern marak terjadi penularan HIV AIDS khusunya di usia remaja, berikut merupakan bahaya akibat terjangkit HIV AIDS adalah….
A. Menurunya sitem kekebalan tubuh
B. Menyerang syaraf-syaraf pada tubuh
C. Mengakibatkan pembuluh darah yang pecah
D. Radang tenggorokan
E. Gatal-gatal pada tubuh

Jawaban : A. Menurunya sitem kekebalan tubuh

41. Tendangan keras kearah gawang untuk menghasilkan gol adalah tendangan ….
A. Coner kick
B. Throw in
C. Shooting
D. Passing
E. Free kick

Jawaban : C. Shooting

42. Pada saat melakukan pendaratan lompat jauh yang mendarat terlebih dahulu adalah….
A. Punggung
B. Lutut
C. Paha
D. Kedua tangan
E. Kedua kaki

Jawaban : E. Kedua kaki

43. Bagian kepala yang kontak dengan bola saat menyundul bola adalah ….
A. Dahi
B. Ubun-ubun
C. Samping kepala
D. Belakang kepala
E. Seluruh bagian kepala

Jawaban : A. Dahi

44. Dalam permainan sepak bola apabila bolanya keluar melalui garis gawang, yang terakhir bola disentuh olah pemain bertahan, maka ….
A. Tendangan pinalty sudut
B. Tendangan bebas langsung
C. Tendangan bebas tidak langsung
D. Tendangan sudut
E. Tendangan kearah gawang

Jawaban : D. Tendangan sudut

45. Dalam permainan sepakbola, bila bola keluar dari garis samping lapangan maka akan terjadi ….
A. Lemparan kedalam
B. Tendangan sudut
C. Tendangan gawang
D. Offside
E. Tendangan pinalti

Jawaban : A. Lemparan kedalam

46. Ukuran lapangan sepak bola adalah ….
A. 110 x 90 meter
B. 120 x 90 meter
C. 130 x 90 meter
D. 140 x 90 meter
E. 150 x 90 meter

Jawaban : A. 110 x 90 meter

47. Dalam Suatu pertandingan sepak bola waktu yang digunakan adalah ….
A. 2 x 30 menit
B. 2 x 35 menit
C. 2 x 40 menit
D. 2 x 45 menit
E. 2 x 50 menit

Jawaban : D. 2 x 45 menit

48. Dalam permaian sepakbola, setiap pemain menjaga satu pemain lawan hingga lawan menyerah disebut pola pertahanan ….
A. Individu marking
B. Man to man marking
C. Zone defence
D. Combination marking
E. Area marking

Jawaban : B. Man to man marking

49. Dalam permainan bola voli, melakukan gerakan memukul bola dengan keras di atas net adalah gerakan ….
A. Passing atas
B. Passing bawah
C. Blok
D. Smash
E. Servis

Jawaban : D. Smash

50. Posisi lengan pada saat melakukan passing bawah dalam permainan bola voli adalah ….
A. Lengan dibengkokkan
B. Lengan ditegangkan
C. Lengan diluruskan
D. Siku-siku dibengkokkan
E. Lengan ditarik

Jawaban : C. Lengan diluruskan

Kesimpulan

Dalam olahraga, kita perlu melakukan berbagai macam teknik dan latihan untuk mencapai performa yang baik. Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan mental dan emosional. Dengan melakukan olahraga secara teratur, kita dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit. Selain itu, olahraga juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi, mengurangi stres, dan meningkatkan mood. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Sobat Lokabaca dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang olahraga, terutama dalam menghadapi ujian US/PSAJ PJOK/Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMA/SMK. Jangan lupa untuk terus berlatih dan mengembangkan kemampuan olahraga Sobat Lokabaca agar dapat mencapai prestasi yang lebih baik di masa depan. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *