Mengenal Fakta Provinsi Lampung

Mengenal Fakta Provinsi Lampung

Mengenal Fakta Provinsi Lampung

Hello Sobat Lokabaca! Pernahkah kamu berkunjung ke Provinsi Lampung? Provinsi yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera ini memiliki banyak keunikan dan potensi yang patut untuk kita kenal. Dalam artikel ini, kita akan mengenal fakta provinsi lampung yang menarik. Yuk, simak bersama-sama!

Lokasi Provinsi Lampung

Mengenal Fakta Provinsi Lampung
Maps Google

Provinsi Lampung terletak di ujung selatan pulau Sumatera. Provinsi ini berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu di sebelah barat, Selat Sunda di sebelah selatan, serta Provinsi Sumatera Selatan di sebelah timur. Luas wilayah Provinsi Lampung mencapai 37.000 km persegi, dengan penduduk sebanyak hampir 10 juta jiwa.

Sejarah Provinsi Lampung

Provinsi Lampung terletak di bagian selatan Pulau Sumatera dan memiliki ibu kota Bandar Lampung. Sejarah Provinsi Lampung di mulai pada abad ke-5 Masehi, ketika daerah ini di kuasai oleh Kerajaan Sriwijaya.

Pada abad ke-17, wilayah Lampung menjadi bagian dari Kesultanan Banten. Namun, pada abad ke-18, Belanda mulai menaklukkan wilayah ini dan pada tahun 1832, mereka mendirikan pemerintahan kolonial di daerah ini.

Pada masa pendudukan Jepang selama Perang Dunia II, Lampung menjadi pusat produksi karet dan sawit. Setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, Lampung menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Selatan.

Pada tahun 1964, Provinsi Lampung di dirikan dengan memisahkan wilayah Lampung dari Provinsi Sumatera Selatan. Saat ini, Provinsi Lampung terdiri dari 12 kabupaten dan 2 kota, serta memiliki beragam suku dan budaya, seperti suku Lampung, suku Komering, dan suku Pesisir. Provinsi Lampung juga di kenal dengan keindahan alamnya, seperti Gunung Krakatau, Danau Ranau, dan Pantai Pahawang.

Baca Juga:   Pengaruh Kebijakan Kerja Paksa Terhadap Perkembangan Ekonomi dan Sosial di Indonesia

Kerajaan Pemerintahan Lampung

Sebelum menjadi bagian dari wilayah kolonial Belanda, Lampung memiliki sistem pemerintahan berbentuk kerajaan yang di pimpin oleh raja-raja dari berbagai wilayah. Beberapa kerajaan yang terkenal di Lampung antara lain:

  1. Kerajaan Tulang Bawang Kerajaan Tulang Bawang berdiri sekitar abad ke-17 dan berpusat di daerah Tulang Bawang, Lampung Tengah. Raja pertama dari kerajaan ini bernama Pangeran Puger dan terkenal sebagai raja yang bijaksana. Kerajaan Tulang Bawang di kenal sebagai salah satu kerajaan yang paling kuat di Lampung pada masa itu.
  2. Kerajaan Punggur Kerajaan Punggur berdiri pada abad ke-16 dan berpusat di daerah Pugung, Lampung Tengah. Raja pertama dari kerajaan ini bernama Pangeran Maha Patih, yang terkenal sebagai raja yang pandai berdiplomasi. Kerajaan Punggur merupakan kerajaan yang berpengaruh di Lampung pada masa itu.
  3. Kerajaan Krakatau Kerajaan Krakatau berdiri pada abad ke-17 dan berpusat di Pulau Sebesi, di dekat Gunung Krakatau. Raja pertama dari kerajaan ini bernama Pangeran Cakradinata, yang terkenal sebagai raja yang jujur dan adil. Kerajaan Krakatau di kenal sebagai salah satu kerajaan yang memiliki kekuatan maritim yang besar di Lampung pada masa itu.

Setelah wilayah Lampung menjadi bagian dari kolonial Belanda, sistem pemerintahan berubah menjadi pemerintahan kolonial yang di atur oleh Belanda. Setelah Indonesia merdeka, Lampung menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Selatan dan kemudian pada tahun 1964 di dirikan menjadi Provinsi Lampung yang mandiri.

Museum Lampung

Mengenal Fakta Provinsi Lampung
Museum Lampung – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bagi Sobat Lokabaca yang ingin mengenal lebih dekat tentang sejarah Provinsi Lampung, Museum Lampung adalah tempat yang tepat untuk di kunjungi. Museum ini terletak di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam, Bandar Lampung. Di sini, Sobat Lokabaca bisa melihat koleksi benda-benda bersejarah seperti alat musik tradisional, pakaian adat, hingga benda-benda peninggalan dari masa kerajaan Lampung.

Baca Juga:   Pengertian JavaScript dan Perannya dalam Pengembangan Web

Gunung Krakatau

Menelusuri Jejak Sejarah Gunung Krakatau | CNN Indonesia

Provinsi Lampung terkenal dengan gunung berapi yang legendaris, yaitu Gunung Krakatau. Gunung ini terletak di Selat Sunda, dan pernah meletus dahsyat pada tahun 1883 yang menyebabkan bencana alam yang dahsyat. Saat ini, Gunung Krakatau masih aktif, namun dapat di kunjungi oleh para pendaki gunung yang ingin menikmati keindahan alam dan panorama yang luar biasa.

Pantai Mutun

Pantai Mutun di Pesawaran Lampung, Favoritnya Wisatawan Keluarga | Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran

Selain Gunung Krakatau, Provinsi Lampung juga memiliki pantai yang indah dan mempesona. Salah satunya adalah Pantai Mutun yang terletak di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Pugung, Kabupaten Lampung Tengah. Keindahan Pantai Mutun tak perlu di ragukan lagi, dengan pasir putihnya yang bersih, air lautnya yang jernih, dan pemandangan alamnya yang memukau. Pantai Mutun juga menjadi tempat yang cocok untuk menikmati matahari terbenam yang indah.

Bandara Internasional Radin Inten

Bandar Udara Internasional Radin Inten II – Wikipedia bahasa Indonesia

Bagi Sobat Lokabaca yang ingin berkunjung ke Provinsi Lampung, Bandara Internasional Radin Inten merupakan pintu masuk utama. Bandara ini terletak di Pringsewu, sekitar 30 km dari kota Bandar Lampung. Bandara ini melayani penerbangan dari dan ke berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Bali, Surabaya, dan Medan.

Pelabuhan Bakauheni

Pelabuhan Bakauheni – Wikipedia bahasa Indonesia

Selain Bandara Internasional Radin Inten, Provinsi Lampung juga memiliki pelabuhan utama yang terletak di Bakauheni, Lampung Selatan. Pelabuhan ini merupakan pintu masuk utama bagi para wisatawan yang datang dari luar Pulau Sumatera melalui jembatan selat Sunda. Dari pelabuhan ini, Sobat Lokabaca bisa melanjutkan perjalanan ke berbagai kota di Pulau Sumatera seperti Palembang, Jambi, dan Padang.

Pertanian

Provinsi Lampung juga terkenal dengan hasil pertaniannya yang melimpah. Berbagai komoditas seperti kopi, kelapa, lada, dan coklat menjadi hasil pertanian yang di kenal hingga ke mancanegara. Lampung terkenal dengan kopi robusta-nya yang berkualitas tinggi dan banyak di minati oleh para penikmat kopi.

Baca Juga:   Profil Guru Penggerak: Karakter dan Kompetensi yang Dibutuhkan

Kuliner

Selain hasil pertanian, Provinsi Lampung juga memiliki berbagai hidangan kuliner yang lezat dan khas. Beberapa hidangan yang terkenal antara lain adalah sate kambing, gulai ikan patin, sate telur puyuh, dan mi celor. Sobat Lokabaca bisa mencicipi berbagai hidangan ini di berbagai warung dan restoran yang tersebar di seluruh kota di Provinsi Lampung.

Tari Bedana

Tarian Tradisional Bernafaskan Islam, Tari Bedana Lampung

Tari Bedana merupakan tarian tradisional khas dari Provinsi Lampung yang sangat populer. Tarian ini biasanya di pentaskan dalam acara-acara adat seperti pernikahan, upacara adat, dan lain-lain. Tarian Bedana melibatkan sejumlah penari wanita yang memainkan gerakan-gerakan indah dan memukau yang di kombinasikan dengan alunan musik tradisional khas Lampung.

Festival Krakatau

Festival Krakatau merupakan salah satu acara tahunan yang di adakan di Provinsi Lampung. Acara ini di gelar sebagai upaya untuk memperingati letusan dahsyat Gunung Krakatau pada tahun 1883. Biasanya, festival ini di selenggarakan pada bulan Agustus dengan menampilkan berbagai kegiatan menarik, seperti konser musik, lomba-lomba seru, dan pameran budaya yang menarik perhatian.

Kesimpulan

Provinsi Lampung memiliki banyak hal menarik yang bisa di jelajahi dan di nikmati. Dari sejarah Kerajaan Pemerintahan Lampung, keindahan alam seperti Gunung Krakatau dan Pantai Mutun, hingga kuliner dan budaya khas Lampung, semua dapat Sobat Lokabaca temukan di Provinsi Lampung. Tidak hanya itu, dengan adanya Bandara Internasional Radin Inten dan Pelabuhan Bakauheni, Provinsi Lampung menjadi semakin mudah di jangkau. Jadi, ayo kunjungi Provinsi Lampung dan nikmati keindahan serta keunikan yang di tawarkan!

Demikianlah artikel tentang Mengenal Fakta Provinsi Lampung, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

One Reply to “Mengenal Fakta Provinsi Lampung”

  1. Terkasih atas artikel yang mengagumkan tentang provinsi-provinsi dan geografi Indonesia! Sungguh menarik untuk mempelajari lanskap dan budaya yang beragam di kepulauan ini. Saya sangat menghargai usaha Anda menyajikan gambaran yang komprehensif. Ada rekomendasi pribadi untuk tempat wajib dikunjungi atau tempat tersembunyi di provinsi-provinsi Indonesia? Saya sangat bersemangat untuk menjelajahi lebih banyak dan akan sangat senang mendapatkan wawasan lokal! πŸŒ΄πŸ—ΊοΈβœ¨

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *