Pengertian Tesis dan Perbedaannya dengan Skripsi

Pengertian Tesis dan Perbedaannya dengan Skripsi

 lokabaca.comPengertian Tesis dan Perbedaannya dengan Skripsi

Hello, Sobat Lokabaca! Selamat datang di artikel kami yang akan membahas dengan lebih rinci pengertian tesis dan perbedaannya dengan skripsi. Sebagai mahasiswa, Anda pasti tidak asing dengan dua kata ini, tetapi dalam artikel ini, kita akan mengupasnya lebih mendalam.

Apa Itu Tesis?

Tesis merupakan istilah yang familiar bagi mahasiswa program magister. Karya tulis ilmiah yang di hasilkan oleh mahasiswa ini di buat untuk mengulas dan menganalisis topik yang spesifik dalam bidang ilmu mereka. Bentuk penulisan ilmiah yang lebih kompleks dibandingkan dengan karya tulis ilmiah yang di tulis oleh mahasiswa sarjana adalah tesis.

Berikut adalah beberapa pengertian tesis menurut para ahli:

  • Menurut Dr. Sukardi dan Drs. H. Abin Syamsuddin Makmun, tesis adalah karya ilmiah yang di tulis oleh mahasiswa untuk memenuhi syarat memperoleh gelar magister (S2). Tesis merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa secara mandiri di bawah bimbingan dosen pembimbing.
  • Menurut Dr. H. Udin Syaefudin Sa’ud, M.Pd., tesis adalah karya ilmiah yang di susun oleh mahasiswa untuk memenuhi syarat memperoleh gelar magister (S2). Tesis merupakan karya tulis ilmiah yang berisi hasil penelitian yang dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa di bawah bimbingan dosen pembimbing.
  • Menurut Dr. Ngalim Purwanto, tesis adalah karya ilmiah yang di susun oleh mahasiswa untuk memenuhi syarat memperoleh gelar magister (S2). Tesis merupakan karya tulis ilmiah yang berisi hasil penelitian yang dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa di bawah bimbingan dosen pembimbing.

Berdasarkan pengertian-pengertian tersebut, dapat di simpulkan bahwa tesis adalah karya ilmiah yang di susun oleh mahasiswa untuk memenuhi syarat memperoleh gelar magister (S2). Tesis merupakan hasil penelitian yang dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa di bawah bimbingan dosen pembimbing.

Baca Juga:   Contoh 10 Judul Skripsi untuk Jurusan Ekonomi

Tesis biasanya berisi tentang suatu masalah atau fenomena tertentu yang di teliti oleh mahasiswa. Masalah atau fenomena tersebut di analisis dan di bahas secara ilmiah untuk menghasilkan suatu kesimpulan. Kesimpulan tersebut kemudian di paparkan dalam bentuk tesis.

Tesis merupakan salah satu syarat yang harus di penuhi oleh mahasiswa untuk memperoleh gelar magister (S2). Oleh karena itu, tesis harus di susun dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah.

Tesis Sebagai Karya Ilmiah

Tesis merupakan karya tulis ilmiah yang bertujuan untuk memberikan kontribusi pada bidang ilmu tertentu. Umumnya, tesis membutuhkan peneliti untuk mempelajari topik secara mendalam, melakukan penelitian, dan menyusun hasil penelitian secara substansial.

Tujuan Penulisan Tesis

Tesis memiliki beberapa tujuan, antara lain:

  1. Kontribusi Ilmiah: Tesis bertujuan untuk memberikan kontribusi pada bidang studi tertentu dengan menyajikan temuan atau analisis yang baru.
  2. Pengembangan Kemampuan: Penulisan tesis juga bertujuan untuk mengembangkan kemampuan penelitian, analisis, dan penulisan akademis mahasiswa.

Apa Itu Skripsi?

Skripsi adalah istilah yang lebih umum dan di kenal oleh mahasiswa tingkat sarjana. Tugas akhir yang wajib di jalani oleh mahasiswa sarjana sebagai syarat kelulusan. Skripsi juga merupakan bentuk penulisan ilmiah, tetapi biasanya memiliki cakupan dan kompleksitas yang lebih rendah dibandingkan dengan tesis. Biasanya di tulis dalam 100-200 halaman, tergantung pada ketentuan masing-masing perguruan tinggi.

Berikut adalah beberapa pengertian skripsi menurut para ahli:

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)skripsi adalah karya ilmiah yang wajib di tulis oleh mahasiswa semester 7 atau 8 sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya.
  • Menurut Suharsimi Arikuntoskripsi adalah muara dari semua pengetahuan dan keterampilan yang pernah di peroleh sebelumnya untuk di terapkan dalam menggali permasalahan yang ada (baik dalam literatur) agar dengan penelitian ini dapat di peroleh temuan yang bermanfaat.
  • Menurut Maryaeni, skripsi adalah karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/ fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.
  • Menurut Sugiyono, skripsi adalah karya ilmiah yang di susun oleh mahasiswa sebagai syarat untuk memperoleh gelar sarjana (S1). Skripsi merupakan laporan tertulis dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh mahasiswa dengan bimbingan dari dosen pembimbing.
Baca Juga:   Contoh 10 Judul Skripsi untuk Jurusan Sistem Informasi

Skripsi Sebagai Tugas Akhir Studi

Tugas akhir atau Skripsi adalah penanda akhir perjalanan mahasiswa sarjana. Ini adalah cara bagi mahasiswa untuk membuktikan pemahaman mereka tentang subjek yang telah di pelajari selama beberapa tahun. Skripsi juga dapat di anggap sebagai langkah awal menuju pengembangan penelitian lebih lanjut dalam bentuk tesis.

Tujuan Penulisan Skripsi

Skripsi memiliki beberapa tujuan, termasuk:

  1. Evaluasi Pengetahuan: Skripsi bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman mahasiswa terhadap materi yang telah di pelajari selama studi sarjana.
  2. Pengembangan Kemampuan: Penulisan skripsi juga bertujuan untuk mengembangkan kemampuan penelitian dan penulisan mahasiswa.

Perbedaan Antara Tesis dan Skripsi

Sekarang, mari kita telusuri lebih lanjut perbedaan antara tesis dan skripsi.

  1. Tingkat Studi:
    • Tesis: Tesis di tulis oleh mahasiswa tingkat pascasarjana yang telah menyelesaikan program sarjana.
    • Skripsi: Skripsi di tulis oleh mahasiswa tingkat sarjana sebagai syarat kelulusan.
  2. Lingkup Penelitian:
    • Tesis: Tesis cenderung memiliki lingkup penelitian yang lebih mendalam dan luas karena di tujukan untuk menggali pengetahuan yang lebih dalam dalam bidang studi tertentu.
    • Skripsi: Skripsi memiliki lingkup penelitian yang biasanya lebih terbatas karena di tujukan untuk menguji pemahaman mahasiswa tentang materi yang telah di pelajari selama studi.
  3. Metode Penelitian:
    • Tesis: Tesis memerlukan metode penelitian yang lebih canggih dan kompleks, termasuk pengumpulan data yang lebih mendalam dan analisis statistik yang lebih rumit.
    • Skripsi: Skripsi umumnya menggunakan metode penelitian yang lebih sederhana karena fokus utamanya adalah pada pemahaman konsep dan penerapannya.
  4. Pembimbing:
    • Tesis: Penulisan tesis lebih sering di awasi oleh dosen pascasarjana yang memiliki latar belakang penelitian yang kuat dalam bidang tertentu.
    • Skripsi: Pembimbing skripsi biasanya adalah dosen sarjana yang membantu mahasiswa dalam memahami dan menyelesaikan tugas akhir mereka.

Persiapan Penulisan Tesis atau Skripsi

Sebelum memulai penulisan tesis atau skripsi, ada beberapa tahap persiapan yang perlu Anda lakukan.

Pemilihan Topik:

Langkah awal yang krusial adalah memilih topik yang sesuai dengan minat dan bidang studi Anda. Pilihlah topik yang memotivasi Anda untuk melakukan penelitian yang mendalam.

Baca Juga:   Panduan Belajar UTBK: Contoh Soal UTBK dan Pembahasannya

Riset dan Literatur:

Setelah topik di pilih, langkah berikutnya adalah melakukan riset yang komprehensif. Kumpulkan literatur dan sumber daya yang relevan yang akan membantu Anda memahami konteks penelitian Anda.

Menyusun Kerangka:

Buat kerangka kerja penelitian Anda. Rencanakan bagaimana tesis atau skripsi Anda akan di susun, termasuk bagaimana masing-masing bab akan berkembang.

Proses Penulisan Tesis dan Skripsi

Proses penulisan tesis atau skripsi dapat di bagi menjadi beberapa tahap penting.

Tahap Awal:

Pada tahap awal, Anda perlu membuat proposal penelitian. Proposal ini harus mencakup deskripsi topik, tujuan penelitian, dan metodologi yang akan digunakan. Setelah proposal disetujui, Anda dapat mulai menulis bab-bab awal seperti pendahuluan dan tinjauan pustaka.

Tahap Penyusunan Bab:

Selanjutnya, Anda akan memasuki tahap penyusunan bab-bab utama. Di sini, Anda akan mengembangkan gagasan dan temuan penelitian Anda. Pastikan untuk menyusun bab-bab dengan logis dan menggunakan bukti dan rujukan yang kuat.

Tahap Penyusunan Kesimpulan:

Setelah semua bab utama selesai, Anda akan memasuki tahap penyusunan kesimpulan. Ini adalah saatnya untuk merangkum temuan penelitian Anda dan mengaitkannya kembali ke pertanyaan penelitian Anda.

Evaluasi dan Pembelaan

Ketika tesis atau skripsi Anda sudah selesai, Anda akan menghadapi proses evaluasi dan pembelaan. Ini adalah momen penting dalam perjalanan akademik Anda.

Proses Ujian:

Anda akan di uji oleh dosen penguji yang akan mengajukan pertanyaan terkait penelitian Anda. Persiapkan diri dengan baik dan pastikan Anda memahami dengan baik semua aspek penelitian Anda.

Persiapan Pembelaan:

Selain ujian tertulis, Anda akan di minta untuk mempresentasikan hasil penelitian Anda. Buat presentasi yang jelas dan tajam, dan jangan lupa untuk menjawab pertanyaan dari para dosen penguji dengan percaya diri.

Kesimpulan

Dalam menyelesaikan tesis atau skripsi, penting untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang perbedaan di antara keduanya. Tesis dan skripsi memiliki peran masing-masing dalam dunia akademik, dan pemahaman yang kuat tentang keduanya akan membantu Anda menghadapi tugas penelitian Anda dengan lebih percaya diri. Semangat dalam menyelesaikan tugas akademik Anda, Sobat Lokabaca! Jangan ragu untuk bertanya jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan panduan tambahan. Selamat menulis tesis atau skripsi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *